Dampak Asam Lemak Jenuh Bagi Kesehatan Mental

Sumber gambar: Freepik

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, otak merupakan pusat kontrol yang mengendalikan pikiran, emosi, dan perilaku seseorang.1 Sebesar 60% otak manusia adalah lemak.2 Dari fakta ini munculah ketertarikan untuk mengetahui apakah terdapat kaitan antara asupan lemak dengan kesehatan mental seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa asam lemak tidak jenuh (polyunsaturated fatty acid/PUFA), terutama asam lemak omega-3 memiliki dampak baik bagi kesehatan mental. Sebaliknya, asam lemak jenuh justru memberi dampak buruk bagi kesehatan mental.

Salah satu mekanisme lemak dalam memengaruhi kesehatan mental yaitu melalui mekanisme inflamasi (peradangan tubuh). Penelitian menunjukkan inflamasi berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan mental, seperti depresi, psikosis (gangguan yang menyebabkan penderita sulit membedakan mana yang nyata dan tidak nyata), bipolar (gangguan yang menyebabkan perubahan mood, energi, aktivitas, konsentrasi, dan kemampuan melakukan kegiatan sehari-hari secara tidak biasa), dan skizofrenia (gangguan yang memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku).3–6 Inflamasi dapat menyebabkan perubahan pada otak yang dapat memengaruhi kesehatan mental.7

Sekarang mari bahas bagaimana asam lemak jenuh memengaruhi kesehatan mental. Asam lemak jenuh dapat memicu pelepasan sitokin.8 Hal tersebut dapat menunjukkan mekanisme asupan tinggi lemak menyebabkan inflamasi pada otak, terutama bagian hipokampus. Hipokampus adalah bagian yang penting pada otak dan terlibat dalam proses depresi. Hipokampus rentan terhadap perubahan sitokin.9 Asupan lemak jenuh berhubungan dengan risiko penyakit Alzheimer (penyakit pada otak yang secara perlahan merusak kemampuan mengingat, berpikir, dan kemampuan melakukan kegiatan10). Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh memiliki risiko Alzheimer 2 kali lipat lebih besar dibandingkan orang dengan asupan lemak jenuh yang lebih rendah.11

Apa saja yang termasuk ke dalam asam lemak jenuh?12, 13

  1. Minyak kelapa
  2. Minyak kelapa sawit
  3. Minyak ikan
  4. Lemak hewan
  5. Minyak kacang tanah
  6. Mentega
  7. Keju

Walaupun bahan makanan di atas mengandung asam lemak jenuh, namun masih boleh lho untuk dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Oleh karena itu, ketahuilah seberapa banyak kebutuhanmu untuk mengonsumsi asam lemak jenuh dengan konsultasi ke Ahli Gizi agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Kamu bisa mencobanya tanpa repot dengan layanan One Week Trial dari Dietela.

Editor: Wahyu Kurnia Yusrin Putra, SKM, MKM

Referensi:

  1. Australian Academy of Science. How brain connectivity affects mental wellbeing. 2018.https://www.science.org.au/curious/people-medicine/how-brain-connectivity-affects-mental-wellbeing.
  2. Chang C-Y, Ke D-S, Chen J-Y. Essential fatty acids and human brain. Acta Neurol Taiwan 2009; 18.
  3. Cryer T, Galloway S, Kabir T. Inflammation and Mental Health: An introduction to how inflammation can affect our mental health. McPin Foundation: London, 2019.
  4. National Institute of Mental Health. Schizophrenia. 2020.https://www.nimh.nih.gov/health/topics/schizophrenia.
  5. National Institute of Mental Health. Bipolar Disorder. 2020.https://www.nimh.nih.gov/health/topics/bipolar-disorder.
  6. National Alliance on Mental Illness. Psychosis. https://www.nami.org/About-Mental-Illness/Mental-Health-Conditions/Psychosis.
  7. Lee CH, Giuliani F. The Role of Inflammation in Depression and Fatigue. Front Immunol 2019; 10: 1696.
  8. Valdearcos M, Robblee MM, Benjamin DI, Nomura DK, Xu AW, Koliwad SK. Microglia Dictate the Impact of Saturated Fat Consumption on Hypothalamic Inflammation and Neuronal Function. Cell Rep 2014; 9: 2124.
  9. Melo HM, Santos LE, Ferreira ST. Diet-Derived Fatty Acids, Brain Inflammation, and Mental Health. Front Neurosci 2019; 13. doi:10.3389/FNINS.2019.00265.
  10. National Institute on Aging. What Is Alzheimer’s Disease? https://www.alzheimers.gov/alzheimers-dementias/alzheimers-disease.
  11. Morris MC, Evans DA, Bienias JL, Tangney CC, Bennett DA, Aggarwal N et al. Dietary fats and the risk of incident Alzheimer disease. Arch Neurol 2003; 60: 194–200.
  12. Gropper SS, Smith JL, Carr TP. Advanced nutrition and human metabolism. 7th ed. Cengage Learning: Boston, 2018.
  13. Thompson JL, Manore MM, Vaughan LA. The science of nutrition. 4th ed. Pearson: New York, 2017.