Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet

Dietary Approaches to Stop Hypertension atau lebih sering disebut DASH Diet merupakan salah satu diet yang bertujuan untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Diet ini mulai dikenalkan oleh American Heart Association pada tahun 1997 melalui New England Journal of Medicine. Pada awalnya dilakukan percobaan terhadap 456 orang dengan memberikan beberapa pola makan, yaitu:

  1. A control diet (standard American diet); konsumsi daging merah, daging olahan, butter, makanan yang digoreng, dairy product tinggi lemak, telur, kentang, jagung, minuman tinggi gula
  2. A fruit & vegetables diet; konsumsi makanan yang kurang lebih sama seperti standard American diet tetapi ditambahkan sayur dan buah serta mengurangi konsumsi snack dan makanan atau minuman yang mengandung gula
  3. A combination diet;  konsumsi variasi makanan yang didominasi sayur, buah, kacang-kacangan, dairy food rendah lemak dengan jumlah lemak jenuh, total lemak dan kolesterol yang rendah

Hasilnya adalah combination diet mampu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi dibandingkan kedua jenis diet lainnya karena adanya variasi zat gizi yang baik pada bahan makanan di diet tersebut.

DASH diet sendiri menerapkan pengaturan makan tinggi protein, serat, kalium, magnesium dan kalsium yang didapatkan dari bahan makanan seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan dairy product rendah lemak. Pengaturan makan pada diet ini juga membatasi asupan lemak jenuh dan gula. Sebetulnya, DASH diet bukanlah diet rendah natrium atau garam,  tetapi manfaatnya akan lebih terasa apabila didukung oleh pengurangan konsumsi natrium atau garam.

Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian Steinberg, et al (2017) yang menunjukkan bahwa penerapan DASH diet tanpa pengurangan asupan natrium atau garam sudah dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi ataupun individu normal. Namun, hasil penurunan tekanan darah akan jauh lebih baik ketika dilakukan retriksi asupan natrium sampai kurang dari < 2300 mg/hari atau paling baiknya < 1500 mg/hari. Penurunan tekanan darah yang dihasilkan dengan DASH diet adalah 5.5 mmHg untuk tekanan darah sistolik dan 3.0 mmHg untuk tekana darah diastolic selama 2 minggu setelah memulai penerapan diet.

Apakah bisa diterapkan oleh selain penderita hipertensi?

DASH diet pada awalnya memang diperuntukkan bagi penderita hipertensi, namun, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan diet ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit metabolik, kanker, diabetes dan jantung serta membantu mempertahankan berat badan yang sehat sebagai dampak jangka panjangnya apabila dilakukan bersama dengan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup. Oleh karena itu, individu normal pun boleh menerapkan diet ini dan diet ini merupakan salah satu rekomendasi dietitian.

Referensi:

  1. Appel LJ, Moore TJ, Obarzanek E, et al. DASH Collaborative Research Group. A Clinical Trial of The Effects of Dietary Patterns on Blood Pressure. N Engl J Med. 1997;336(16):1117–1124. 
  2. Halton, Thomas L, et al. 2006. Potato and French Fry Consumption and Risk of Type 2 Diabetes in Women”The American Journal of Clinical Nutrition. 83 (2): 284–90. 
  3. Hilderliter, AL., Babyak, MA., Sherwood, A., Et Al. The DASH Diet and Insulin Sensitivity. Curr Hypertens Rep. 2011 Feb;13(1):67-73
  4. Onvani, S., Et Al. 2015. Dietary Approach to Stop Hypertension (DASH): Diet Components May Be Related to Lower Prevalence of Different Kinds of Cancer: A Review on The Related Documents. J Res Med Sci. 2015 Jul;20(7):707-13.
  5. Sacks FM, Et Al.; DASH-Sodium Collaborative Research Group. Effects on Blood Pressure of Reduced Dietary Sodium and The Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet. DASH-Sodium Collaborative Research Group. NEJM. 2001 Jan 4;344(1):3-10.
  6. Salehi-Abargouei, A., Et Al. 2013. Effects of Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH)-Style Diet on Fatal or Nonfatal Cardiovascular Diseases–Incidence: A Systematic Review and Meta-Analysis on Observational Prospective Studies. Nutrition. 2013 Apr;29(4):611-8
  7. Saneei P, Salehi-Abargouei A, Esmaillzadeh A, Azadbakht L. Influence of Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet on Blood Pressure: A Systematic Review and Meta-Analysis on Randomized Controlled Trials. Nutr Metab Cardiovasc Dis. 2014 Dec 31;24(12):1253-61.
  8. Saneei, P., Fallahi, E., Barak, F., Et Al. 2015. Adherence to The DASH Diet and Prevalence of The Metabolic Syndrome among Iranian Women. Eur J Nutr. 2015 Apr;54(3):421-8
  9. Shirani, F., Et Al. 2013. Effects of Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet on Some Risk for Developing Type 2 Diabetes: A Systematic Review and Meta-Analysis on Controlled Clinical Trials. Nutrition. 2013 Jul-Aug;29(7-8):939-47.
  10. Steinberg D, Bennett GG, Svetkey L. The DASH Diet, 20 Years Later. JAMA. 2017 Apr 18;317(15):1529-1530.
  11. The Nutrition Source. nd. Diet Review: DASH. [Online] Available at: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-weight/diet-reviews/dash-diet/
  12. US Department of Health And Human Services. Dietary Guidelines for Americans 2015-2020. 2017 Sep 5.

Leave a Reply