Ketahui Cara Pengolahan Frozen Vegetables

Sumber gambar: Freepik

Menyiapkan makanan sehat bergizi seimbang sering dianggap ribet dan memakan waktu lama. Padahal, kemajuan teknologi memungkinkan kita membeli bahan makanan yang mudah dan praktis pengolahannya, salah satunya sayuran beku atau frozen vegetables. Namun apakah kandungan gizi frozen vegetables sama dengan sayuran segar? Mari kita telusuri lebih lanjut!

Untuk mengelola sayuran segar menjadi frozen vegetables diperlukan beberapa tahap, yaitu 1:

  1. Sayuran dibersihkan untuk menghilangkan daun maupun komponen lainnya yang tidak dapat dimakan. Sayuran akar (contohnya wortel) disikat untuk menghilangkan tanah dan batu.
  2. Sayuran dicuci untuk menghilangkan tanah dan kotoran lain, residu pestisida, dan mikroorganisme.
  3. Sayuran dibersihkan dengan sedikit klorin untuk mencegah pembentukkan lendir berbakteri yang berasal dari peralatan pengolahan sayur dan mencegah bau yang tidak enak.
  4. Sayuran dikupas.
  5. Tergantung jenis sayuran, setelah dikupas sayur akan dipilah, dihilangkan batangnya, dipotong, atau diparut.
  6. Sayuran di blanching, yaitu dipanaskan dengan direbus dalam air bersuhu 85–100°C atau dikukus pada suhu 100°C. Blanching adalah proses penting dalam membuat sayuran beku. Proses tersebut bertujuan untuk menonaktifkan enzim yang dapat mengubah rasa, aroma, dan zat gizi sayuran selama penyimpanan. Selain itu, blanching juga menghancurkan sel mikroorganisme pada permukaan sayuran, menghilangkan residu insektisida yang masih tersisa, meningkatkan warna sayuran hijau, dan mengilangkan rasa yang kurang enak pada sayur akibat gas yang terbentuk selama pemrosesan.
  7. Sayuran ditiriskan dan didinginkan.
  8. Sebelum atau setelah di blanching dan ditiriskan serta didinginkan, sayuran dicek menyeluruh untuk menghilangkan komponen yang tidak diinginkan.
  9. Sayuran dibekukan hingga memiliki suhu mencapai −18°C. Proses pembekuan ini menyebabkan kristalisasi sebagian besar air dan zat terlarut lainnya.
  10. Sayuran beku kemudian dikemas.

Berbagai proses pengolahan tersebut membuat sayuran beku dapat diolah secara praktis dan sebentar, yaitu hanya direbus atau dikukus selama beberapa menit saja. Tujuan tahapan pengelolaan sayuran beku dilakukan untuk mempertahankan kandungan gizi, antioksidan, dan kualitas sayuran.

Editor: Rifqah Indri Amalia, S.Gz, M.Sc

Referensi:
1. Parreño WC, Torres MDA. Quality and Safety of Frozen Vegetables. In: Sun D-W (ed). Handbook of Frozen Food Processing and Packaging. Taylor & Francis Group, LLC: Florida, 2012 doi:10.1201/B11204.