Mau Diet? Realistis Dong :)

Pernah terpikir mengapa dalam menjalankan diet sering tidak berhasil?. Ketika berhasil, berat badan malah naik kembali drastis padahal sudah melakukan trend diet yang menjanjikan penurunan berat belasan kilogram dalam waktu singkat. Selain itu, penderita penyakit-penyakit tidak menular seperti Diabetes, penyakit jantung dan hipertensi mulai meningkat. Fakta ini membuat Anda ingin menghindarinya tetapi tidak tahu bagaimana memulainya. Ahli Gizi NutriCare memberikan alasan dan kiat-kiat bagaimana dapat menjalankan diet yang sehat berikut ini,

Menganggap diet merupakan perubahan pola makan yang berkelanjutan bukan berubah secara instan

Pernah mendengar yo-yo diet?. Layaknya yo-yo yang naik turun, dalam menjalankan diet ini, berat badan Anda akan sangat drastis turun dan naik kembali lebih dari berat badan sebelum diet. Diet tipe seperti ini menjanjikan penurunan berat badan drastis, pengurangan asupan yang ekstrem, dan belum terbukti keberhasilannya secara ilmiah. Banyak yang berpikir bahwa diet itu hanya dilakukan dalam beberapa bulan sampai mencapai berat badan yang diinginkan. Selanjutnya, individu yang merasa puas dengan hasil diet akan kembali ke pola makan semula dan menganggap bahwa diet sudah berakhir. Faktanya, diet adalah perubahan pola makan sehat yang dilakukan secara konsisten bertujuan mempertahankan status gizi atau berat badan normal.

Menciptakan perubahan perilaku menjadi sehat saat ini juga

“Diet mulai besok” berikut kutipan yang sering kita dengar. Tidak ada waktu yang tepat untuk menuju berat badan sehat selain dilakukan sekarang juga. Oleh karena itu, Anda membutuhkan komitmen dan motivasi tinggi untuk melakukannya ‘sekarang’ juga dan menghindari kembali lagi ke kebiasaan semula. Usaha ini dapat dimulai dengan menghubungi ahli gizi untuk membuat perencanaan pola makan sehat dan mengatur jadwal olahraga.

Pengaturan pola makan dimulai bertahap namun konsisten

Individu sering tidak patuh karena pengaturan pola makan atau diet mengharuskan individu mengurangi makan-makanan yang disukainya. Perencanaan makanan yang didiskusikan dengan ahli gizi memberikan kesempatan untuk Anda menentukan mana saja jenis makanan yang dapat dikurangi atau ditingkatkan. Selain itu, perencanaan diet pun harus memperhatikan ketersediaan jenis bahan makanan yang sering dibeli dan ditemui oleh Anda. Contohnya, ketika Anda mengkonsumsi makan siang di kantor dengan berbagai menu, Anda dapat mendiskusikan dengan ahli gizi menu apa saja yang dapat dikonsumsi. Ketika Anda mengolah makanan sendiri, bahan makan apa saja yang tersedia di supermarket atau pasar dapat dipertimbangkan untuk dibeli atau tidak.

Menjadwalkan olahraga saat weekend

Olahraga sangatlah penting membantu keberhasilan diet Anda. Pasang alarm Anda sebagai pengingat untuk berolahraga. Selain itu, ajak keluarga atau teman Anda untuk berolahraga bersama. Hal ini dapat menambah motivasi Anda dalam melakukan olahrga.

Menentukan tujuan yang realistis

Hal terpenting dalam perubahan gaya hidup adalah adanya kemajuan yang bertahap. Di awal perencanaan diet, individu cenderung termotivasi untuk menurunkan 3 kg dan olahraga 3x 30 menit seminggu. Perlu diingat, penurunan berat badan yang dianjurkan adalah maksimal 1.5 kg/minggu. Hal ini tergantung kepatuhan diet dan intesitas olahraga Anda. Suatu awal baik ketika Anda memang melakukan olahraga 3x seminggu. Tetapi, jika Anda pada kenyataanya hanya melakukan 1x seminggu atau tidak sama sekali, Anda mungkin butuh menulis kembali target Anda per minggunya.

Mencari informasi dari sumber terpercaya

Tidak dipungkiri, banyak sekali sumber informasi yang beredar mengenai perubahan diet dan gaya hidup di media internet. Akan tetapi, Anda lebih baik memilih informasi-informasi yang berasal dari pakar atau tenaga kesehatan dan website-website terpecaya. Website promkes.kemenkes.co.id dapat menjadi salah satu referensi Anda atau ikuti artikel dari NutriCare Indonesia baik melalui website ataupun instagram @nutricare.id.